Tips Sukses Di Era 4.0 Yang Wajib di Miliki Milenial

Tips Sukses di Era 4.0 – Seperti yang kita ketahui pada dasarnya sekarang Pemuda milenial sudah mencapai umur yang produktif dan sudah banyak sudah yang sukses dengan usia yang dibilang cukup belia.

Bahkan di ramalkan pada tahun 2025 Pemuda Milenial akan mendominasi dunia kerja, sudah terbukti sekarang banyak dari kalangan yang berhasil duduk di kursi pemerintahan atau bakan menjadi bos dengan omset kekayaan yang fantastis.

Sebut saja Nadim Makarin sebagai CEO Go Jek Startup yang sukses dengan mengandalkan Teknologi yang canggih.

Nah sekarang sudah kita ketahui bahwa kita sudah mencapai teknologi Industri 4.0 dimana banyak industri – industri yang sudah menggunakan teknologi sebagai media untuk mencapai “Smart Manufacturing” yang bisa kita lihat sekarang banyak pekerjaan yang sudah mulai hilang dengan adanya tekologi smart ini.

Tentunya hal seperti ini menjadi tantangan untuk milenial, bagaimana bisa jalan bersama dengan Revolusi Industri 4.0 ini.

Namun apa saja sih skill yang perlu di kuasai oleh milenial sekarang ini ? Nah berikut ini akan kita rangkum bagaimana cara untuk menjadi milenial yang bisa sejalan dengan revolusi Industri 4.0 sekarang ini Berikut rangkumanya :

1. Asah Skill Komunikasi

tips sukses di era digital

Pada dasarnya komunikasi ini memang sangat mudah dilakukan karna manusia sudah pasti melakukan yang namnaya komunikasi. Namun, jangan menganggap enteng skill ini, karena tanpa mempunyai skill ini milenial akan semakin ketinggalan dan tidak bisa jalan dengan era 4.0.

Bisa kita lihat sekarang banyak platfrom – platform digital yang semakin meluas maka dari itu mengasah skill komunikasi ini perlu untuk selalu dilatih.

Hadirnya teknologi yang semakin berkembang sangat pesat ini menjadikan komunikasi sebagai skill yang sangat penting untuk diasah, baik komunikasi dengan  cara tatap muka maupun dengan platform media yaitu engan cara offline.

Sebuah hasil penelitian menunjukan bahwasanya skill dari berkomunikasi merupakan hal yang paling banyak velue dan sering di evaluasi ketika mengevaluasi para pekerja.

Komunikasi tidak bisa dipungkiri pentingya, hal yang mungkin sepele untuk kita tanpa adanya komunikasi tidak akan bisa terjadi, kehidupan sangat memerlukan yang namanya komunikasi. Sebuah perusahaan tanpa komunikasi yang bagus tidak akan bisa menjadi besar.

Jadi Intinya komunikasi sangat penting untuk kehidupan milenial, terus asah kemampuan berkomunikasi dengan baik.

2. Selalu BerKolaborasi

tips sukses di era digital

Kolaborasi (Collaboration) merupakan tingkatan dari kerja sama, kolaborasi sendiri merupakan kerja sama untuk mencapai tujuan bersama, kolaborasi sangat penting untuk kalangan milenial sekarang ini, karena pencapaian terbesar sekarang tidak akan bisa tercapai tanpa adanya kolaborasi dari berbagai pihak.

Setiap perusahaan atau perorangan pasti memiliki goal masing – masing, nah dari situ bisa dilihat bahwa goal suatu perusahaan akan tercapai jika ada kolaborasi dari semua pihak yang terlibat didalamnya.

Dengan adanya kolaborasi ini setiap anggota bisa mengusulkan gagasan ide dan memang milenial sekarang di tuntut untuk aktif serta bisa bekerjasama dengan bagian laing.

Dengan adanya teknologi yang semakin berkembang pesat ini membuka peluang untuk meningkatkan kolaborasi. Bisa di lihat dan dirasakan sekarang, dengan adanya teknologi tidak ada batasan ruang dan jarak untuk berkolaborasi baik, jadi semua jangkauan akan terlihat dekat.

Dengan Teknologi juga anda bisa punya kesempatan untuk ekspansi ke berbagai sektor lain, jadi tidak harus bergelut dengan sektor yang sama. Disitulah pentingnya kolaboras, dengan mengembangkan skill ini anda akan bisa eksis di pekerjaan yang sedang anda kerjakan.

3. Berfikir Kritis dan Bisa Menyelesaiakan Masalah

tips sukses di era digital

Sudah bisa dirasakan sekarang abad 21 ini memang semua berjalan denga cepat dan juga berjalan kompleks, jadi sangat diperlukan orang – orang yang bisa berpikir kritis. Untuk dapat bertahan di era 4.0 ini milenial harus mempunyai skill berpikir kritis dan juga bisa memecah masalah.

Dengan skill ini milenial bisa memberikan ide serta bisa selalu berinovasi untuk kehidupan kedepan, karena hidup di era ini memang akan ketinggalan jika tidak mempunyai skill ini.

Walaupun sekarang banyak yang sudah bisa di handle oleh teknologi namun kemampuan manusia ada yang bisa mengungguli kepintaran dari teknologi sendiri.

Tanapa mempunyai skill problem solving dan critikal thinking sebuah perusahaan fungsinya tentu akan terganggu dan tidak bisa berjalan dengan baik dan bahkan bisa hancur.

Tanpa mempunyai skill ini, milenial akan sulit untuk menemukan ide yang fresh.

Dengan skill ini permasalah yang membutuhkan strategi juga akan bisa diselesaikan dengan baik, dengan demikian skill ini memang perlu dan penting untuk selalu di asah agar bisa berjalan dengan era 4.0 seperti sekarang ini.

4. Asah Kreativitas

tips sukses di era digital

Kemampuan manusia yang tidak bisa di tiru oleh robot, mesin ataupun teknologi adalah berfikir kreativ dan inovatif, robot dan mesin hanya bisa bergerak dan bekerja dengan program yang dibuat didalamnya namun manusia akan tetap unggul jika mempunyai kreatifitas yang tinggi.

Kesuksesan merupakan kunci untuk menjadi milenial yang ekspert dan sukses di kalangan global, banyak yang sudah membuktikan dengan kreativitas bisa menghasilkan pundi – pundi rupiah yang begitu banyak serta dinobatkan menjadi pemuda sukses.

Dengan kehadiran robot serta teknologi seperti sekarang ini banyak pekerjaan yang hilang dan sudah tidak membutuhkan manusia lagi, bisa kita lihat sekarang banyak diperusahaan yang hanya mempekerjakan sedikit pekerja karena sudah menggunakan teknologi.

Saat ini bisa dilihat bahwa pasar industri lebih melihat orang – orang yang yang bisa menawarkan solusti baru serta trobosan baru untuk pasar.

Apapun sekarang yang sedang dilakukan tanpa adanya kreatifitasan lambat laun akan hilang dan tidak dipakai kembali, maka dari itu selalu asah kreatifitas dengan teknologi yang sekarang ada.

5. Literasi Digital

tips sukses di era digital

Degan adanya industri 4.0 ini bisa kita rasakan sekarang pekerjaan didominasi oleh teknologi, sudah jelas dengan begitu literasi digital sangat lah penting untuk menunjang milenial di era 4.0 sekarang ini.

Penggunaan teknologi sekarang bisa dilihat dengan perkembangan yang semakin meningkat sangat cepat serta bahkan sekarang pekerjaan tanpa di dampingi dengan teknologi akan ketinggalan dan bahkan parahnya akan hilang dari perdaran.

Di era 4.0 ini milenial harus sadar bahwa kemampuan Digital Literacy sangat dibutuhkan, Digital Literacy lebih dari sekedar skill, namun bisa diartikan bahawa milenial harus fasih dalam berkomunikas dengan digital, menyaring, menganalisa dan menggunakan informasi dengan efektif dan efisien.

Dengan begitu kelima skill ini harus terus diasah agar bisa hidup didunia dengan damai serta bisa berjalan dengan era serba cepat dan kompleks ini. Terimakasih kami sampaikan mudah – mudahan bermanfaat dan milenial sekarang bisa menggantikan generasi old dengan inovasi serta kreatifitasnya – Tips Sukses di Era 4.0

Baca artikel lainya di : www.diklatkemandirian.id

Tinggalkan komentar