3 Pokok Pembelajaran di Mandiri Entrepreneur Center

Diklat Kemandirian – Diklat kemandirian merupakan salah satu yayasan yang berada di bawah naungan Yayasan Yatim Mandiri ( Badan Amil Zakat Nasional ). Terlahir dengan situasi pada saat itu yang dialami oleh para pengurus mengharuskan membuka lembaga diklat ini.

Tak seperti lembaga diklat pada umumnya, Mandiri Entrepreneur Center/ Diklat Kemandirian / Kampus Kemandirian menjujung tinggi nilai agama, akademik serta entrepreneur. Ketiga Komponen ini sangat kuat jika bisa untuk mengaplikasikanya.

Berikut komponen penting didalam lembaga diklat kemandirian MEC.

Akademik

akademik mandiri entrepreneur center

 

Seperti halnya diklat atau kampus pada umumnya, di Mandiri Entrepreneur Center juga mempunyai jurusan yang tidak sedikit. Setidaknya ada 6 Jurusan atau bidang keahlian yang ada di dalamnya. Adapun bidang keahlian yang ada di Mandiri Entreprenur Center adalah Akuntansi & Administrasi Perkantoran, Desain Grafis, Teknik Informasi, Kuliner, Manajemen Zakat, Kuliner dan Otomotif.

Keberadaan Mandiri Entrepreneur Center memang menjadi rujukan bagi merekan yang ingin mandiri. Baik mandiri finansial, mandiri ibadah dan mandiri yang lainya.

Pembelajaran yang dipakai juga menggunakan metode Building Learning Program (BLP) yang mana peran dari dosen dan keaktifan dari Mahasiswa/Mahasiswi sangat diperlukan.

Dengan difokuskanya teori yang diajarkan peserta didik yang ada di mandiri sangat bisa survive. Hal ini disebabkan tidak ada fokus yang lain selain fokus materi yang diajarkanya. Waktu pembelajaranpun juga dibilang lama, dimulai dari jam 07.00 WIB sampai jam 14.00 WIB.

Asrama

kegiatan asrama

Selain akademik atau ilmu keterampilan ada juga ilmu akhirat. Di asrama sendiri banyak kegiatan yang biasa dilakukan oleh peserta didik Mandiri Entrepreneur Center.

Kegiatan asrama dimulai setelah selesai jam akademik, sampai malam sekitar jam 22.00 WIB. Kegiatannya yaitu seperti Ngaji Al – Qur’an metode tilawati, Diniyah dengan pembahasan perihal Akidah, Akhlak dll.

Pembiasaan seperti sholat tahajud, dhuha dan sholat sunnah lainya juga kita kerjakan.

Hal tersebut mengingat betapa pentingya sholat sunnah untuk menambah keimanan dan kedekatan hambanya kepada sang Kholiq.

tak luput dari penglihatan, kegiatan lain yang pentin kita laksanakan adalah olahraga. Olahraga rutin dilakukan pada hari selasa, sabtu atau minggu.

Kebugaran tubuh sangat penting mengingat kegiatan yang sangat padat dan pastinya menguras tenaga dan pikiran maka dari itu aktivitas olahraga kita adakan. serta masih banyak lagi kegiatan asrama yang mimin belum tulis disini.

Entrepreneur

kegiatan entrepreneur

 

Sesuai dengan namanya Mandiri Entrepreneur Center, lembaga pendidikan ini tidak hanya mengusung konsep pembelajaran dalam kelas saja, melainkan pembelajaran luar kelas juga dilaksanakan.

Seperti halnya Entrepreneur yang mana kata tersebut berarti “Pengusaha”.  Kegiatan ini biasa dilakukan pada hari libur seperti hari sabtu dan hari minggu.

Ada beberapa sesi dalam kegiatan ini antara lain Entrepreneur Camp, Entrepreneur Sesion dan Entrepreneur Refresh.

Biasanya pada saat awal pendidikan, peserta didik di anjurkan untuk keluar dan mencari barang yang bisa mendatankan uang.

Tidak sedikit peserta didik yang baru akan merasa sangat kesulitan karena masih ada rasa malu, takut dan perasaan lain yang menganggu.

Namun tidak banyak pula yang pertama keluar disambut baik oleh beberapa peserta didik karena dianggap menantang dan menambah mental menjadi pengusaha.

Tinggalkan komentar