Pengalaman Alit Asal Lampung di MEC ( Manfaatkan Waktu Sebaiknya )

Assalamualaikum, Hallo kembali lagi berjumpa dengan saya Dede Alit kurniawan. kali ini aku akan berbagi kisah cerita pengalaman ku selama aku di MEC Surabaya. Penasaran bukan apa itu MEC?

Sebagian orang mungkin banyak belum tau apa itu MEC ataupun kalian masih asing karena barusan pertama mendengar nama MEC.

Jadi MEC ialah kepanjangan dari “Mandiri Entrepreneur Center” yaitu sebuah lembaga pendidikan guna mendidik dan membentuk menjadi seorang pengusaha Mandiri yang berjiwa Taqwa Bernyali dan Kreatif.

Singkatnya tempat ini adalah tempat perjuangan menuju kesuksesan.

Pengalaman pertama masuk Mec

pengalaman pribadi alit di mec

Awal kisah saya adalah ketika orang tua saya menawarkan beasiswa gratis di Surabaya, ketika itu saya di tawarkan belum lulus sekolah dan saya menjawab dengan tegas saya tidak mau mengambil beasiswa itu dan ingin fokus dengan tujuan saya pada kala itu, berjalannya waktu akhirnya saya lulus sekolah dan bingung apa yg harus di lakukan setelah lulus ini. Dan saat itu saya di tawarin lagi dengan orang tua saya dan pada saat itu saya mulai bingung keputusan apa yang harus di ambil untuk masa depan saya.

Setelah berhar-hari saya memikran matang-matang akhirnya saya membuat keputusan dengan memilih dan mengambil beasiswa itu,

Awal kisa sebelum masuk di mec tidak banyak info yang saya tau, bagaimana kondisi,keadaan, dan program disana seperti apa.

Namun, sedikit demi sedikit saya mencari tahu di yatim mandiri lampung dan bertanya-tanya tentang mec itu dan mendapatkan informasi pendaftaran dari yatim mandiri lampung, setelah berjalan nya waktu akhirnya tiba pada hari dimana saya di tes untuk daftar ke mec di kantor yatim mandiri cabang lampung.

Di Mec mempunyai 7 jurusan yang nantinya yang bisa saya pilih diantaranya adalah

  • Desain grafis
  • Teknologi Informasi
  • Akuntansi Perkantoran
  • Kuliner
  • Otomotif
  • Agro Industri dan pertanian

Dari beberapa jurusan yang disebutkan tadi, saya mempunyai ketertarikan untuk memilih Teknologi Informasi karena saya ingin lebih dalam mempelajari tentang teknologi.

Alhamdulillah saya panjatkan puji syukur kepada Allah SWT, selang beberapa minggu setelah saya di tes di yatim mandiri cabang lampung, akhirnya ada pemberitahuan dari yatim mandiri cabang lampung, bahwa klo saya di nyatakan lulus tes dan keterima di MEC Surabaya Jawa Timur.

Saya merasakan banyak-banyak bersyukur karena ini adalah kebahagian yang tak terhingga, dan saya bahagia karena ingin menjadi orang sukses dan menjadi orang yang bermanfaat ketika nanti belajar di mec ini.

Kabar kelulusan ini saya beritahu pada keluarga saya, orang tua saya kaget dan terharu bahagia bahwa saya dinyatakan keterima di mec.

Singkat cerita tiba lah waktu saya harus pergi berangkat ke Jawa timur dengan teman –teman saya yang keterima juga di mec, saya minta izin kepada orang tua dan meminta do’a pada orang tua saya untuk mendoakan semoga saya di sana sehat sukses dan bisa banggain keluarga untuk memberikan yang terbaik untuk keluarga.

Setelah meminta izin pada orang tua saya, sakan berangkat kebandara dan kami berangkat naik pesawat, singkat cerita setelah sudah sampai di bandara juanda Sidoarjo Jawa Timur saya dan teman-teman memesan taksi untuk mengantarkan kami ke Mec.

Setelah saya sampai di Mec disana tak hanya dari Surabaya atau kota-kota di jawa saja, bahkan mereka ada yang dari Batam, Riau, Sulawesi, Medan, Palembang, dan Lampung yang diluar jawanya.

Bertemu dengan lingkungan baru beserta para orang-orang hebat di mec. Banyak sekali kisah cerita dan pengalaman yang saya dapat dari mec selama setahun disana.

Agenda pertama yang dilakukan seperti pada umumnya, ialah kegiatan perkenalan (mas orientasi) masa orientasi ini berjalan selama dua minggu lamanya. Kegiatan ini dilakukan gua melatih ketahanan mental, disiplin, juga mempererat tali persaudaraan antar peserta baru.

Ada satu peristiwa saat masa orientasi yang sangat terkesan waktu itu, ceritanya adalah pada akhir akan penutupan MOPD, disitu membahas materi tentang ketahanan mental.

Lanjut cerita, dari pihak panitia mau kan mau tes mental pesertanya ya, dan mereka melakukan hal yang cukup konyol guys, saat jam malam semua peserta di kumpulkan dalam satu ruangan aula, kemudian semua penerangan cahaya dipadamkan, janya satu sumber penerangan yaitu satu sebuah lilin.

Dengan keadaan gelap remang-remang, mata seluruh peserta pun ditutup, entah untuk apa saya masih bingung dan belum faham maksud dari panitia waktu itu.

Kemudian, selang beberapa menit kami di putarkan sebuah lagu semacan intro alunan music sebagai bahan renungan gitu ternyata.

Terdengar alunan musik untuk renungan, dan panitia sebagai meberikan kata-kata mutiara yang membuat suasana semakin sedih dan merasakan kesalahan-kesalahan yang dia lakukan semasa hidup nya.

MOPD pun berakhir dengan baik, da bersyukur Alhamdulillah kami panjatkan puji syukur kepada Allah SWT atas katunia dan kasih sayang yang diberikan.

Pengalaman Akademik di Mec Surabaya

pengalaman pribadi alit di mec

Mandiri Entrepeneur Center memiliki beberapa program  yang di tetapkan salah satunya adalah program, akademik.

Program akademik yaitu salah satu program yang di agendakan pagi sampai sore hari, mulai senin sampai hari jum’at kecuali hari libur sabtu dan minggu.

Seperti yang saya bilang tadi saya disini mengaambil jurusan Teknologi Informasi karena keingninan saya ingin memperdalam tentang ilmu teknologi.

Saya memilih jurusan ini karena saya belum terlalu mengetahui teknologi itu seperti apa, jadi menurut saya ini adalah pengalaman baru dan tantangan yang harus saya ambil.

Jadi pertama kali saya datang ke mec Surabaya ini sama sekali belum terlalu faham dan bingung harus mengerjakan bagaimana, seiring berjalan nya watu dengan tekun setiap harinya saya belajar bgaaimana programmer itu.

Ketika dosen menjelaskan dan menyuruh praktekan apa yang di bahas, saya maasih sedikit bingung karena kode yang sangat asing bagi saya danperlahan saya belajar lagi apa itu kode yang sangat asing yang baru saya lihat ini.

Lambat laun saya mulai memahami cara2 menjadi programmer dan belajar tentang kode itu.

Intinya disini saya bertemu dengan orang-orang hebat dan pengalaman yang luar biasa untuk di ambil ilmu yang diberikan kepada saya.

Program Asrama di Mec Surabaya

pengalaman pribadi alit di mec

Program Mec Surabaya adalah program yang di agendakan sebagai metode pembelajaran spiritual agama.

Program ini sangat bermanfaat tentunya dimana dalam prakteknya kita akan di kenaklkan dengan tatacara melakukan ibadah yang baik dan benar.

Selain itu ada pembelajaran mengaji Al Qur’an, tajwid, hafalan, rutinan dzikir pagi dan sore, tilawah, diniyah, Qiyamul lail, dan maulid diba’I pembacaan sholawat dan masih banyak kegiatan lainnya.

Yang sangat berkesan itu ialah ketika pembacaan sholawat diba’i rutinan sholawat yang di adakan seminggu sekali, yang mana mahasiswa atau mahasiswi berkumpul semua di aula dan di sket menjadi dua bagian putra dan putri.

Momen ini sangat membuat hati tentram, adem ayem, setelah melakukan kegiatan pembelajaran dan sebagainya, kemudian dilanjut dengan siraman sholawat.

Baik, mungkin segitu saja sedikit cerita yang bisa saya sampaikan kepada kalian, semoga kisah saya ini bermanfaat bagi para pembaca dan saran saya lakukan lah waktu dengan sebaik-baiknya untuk melakukan yang bermanfaat terimakasih dan wassalamualaikum.

Tinggalkan komentar