Munaqosah Tilawati Mandiri Entrepreneur Center

Munaqosah Tilawati – Menjadi umat islam tentunya akan menjadi kebanggaan tersendiri untuk kita, dimana dalam islam mengajarkan banyak sekali perlajaran hidup, serta sosial yang tinggi baik didalam agama tersebut atau kepada agama yang lain.

Namun, dengan semakin berkembangnya teknologi sekarang ini membuat dikalanga Islam sendiri sudah hilang keislamanya, termasuk juga dalam hal membaca Al – Qur’an. Ketergantungan kepada gadget misalnya.

Denga adanya gadget dsisi lain memang membantu dalam hal kehidupan, namun dengan gadget pula banyak yang hilang dari ruh islam.

Alhamdulilah dengan adanya Mandiri Entrepreneur Center yang bertekat ingin menjadikan anak – anak Indonesia yang bisa ikut dalam perkembangan zaman namun tidak menghilangkan ruh asli dari islam sendiri.

Tepat pada tanggal 28 Februari kemarin, Mandiri Entrepreneur Center khususnya surabaya melangsungkan Munaqosah Tilawati atau Ujian Baca Qur’an, yang diikuti setidaknya hampir 70 an anak baik ikhwan maupun akhwat.

Pembiasanaan Bersama Al – Qur’an ( Pra Munaqosah )

munaqosah tilawati

Sejak dari awal pendidikan peserta didik sudah di gembeng dengan pembiasaan baca Al – Qur’an, terlepas dari itu memang banyak di antara mereka yang masih kurang bisa membaca, dan ada pula yang memang sudah mahir dalam membaca Al – Qur’an.

Namun semua sama di mata Pihak Keasramaan. Awal masuk mereka tetap diadakan penempatan kelas untuk Ngaji tilawatinya.

Semangat yang menggebu – gebu bisa dilihat dari antusias para peserta diidk saat mengaji, ada beberapa orang yang menyambut semangat karena memang semangat untuk bisa baca Al – Qur’an yang di impikanya.

Kegiatan pembiasaan dengan Al – Qur’an ini biasanya diadakan setelah sholat Maghrib degan nama pengajian “ tilwati “. Tilawati sendiri merupakan kitab yang membahas tentang Al – Qur’an bagi pemula.

Tidak hanya ba’da maghrib saja namun di Mandiri Entrepreneur Center ada juga kelas Hafidz, tidak mengharuskan hafal 30 juz namun cukup bisa menghafal juz 30 saja.

Namun tidak dilarang jika mereka sudah mampu menghafal juz 30 dengan cepat kalau ingin melanjutkan hafalan dari juz 1 atau juz lainya.

Pembiasaan ini memang jarang dilakukan dalam lembaga kuliah seperti ini serta tantangan zaman yang mengharuskan mereka harus bisa menjadi muslim yang taat dengan ilmu yang mumpuni serta bisa mengikuti perkembangan zaman yang notabene banyak menghilangkan nilai keislaman.

” Saya sangat bahagia kuliah disini, soalnya saya di rumah tidak pernah membaca Al – Qur’an dan bahkan tidak bisa membaca Al – Qur’an sama sekali, namun setelah masuk di MEC saya jadi bisa membaca Al – Qur’an walaupun belum begitu sempurna dan masih banyak yang salah namun setidaknya sudah paham dengan Al – Qur’an “ Ucap salah satu peserta diidk di Mandiri Entrepreneur Center.

Waktunya Munaqosah

munaqosah tilawati

Nah tepat pada hari jum’at minggu terakhir di bulan Februari telah dilaksanakan Munaqosah yang di ikuti oleh setiaknya 70 an anak.

Bukan hasil yang menjadi target mereka namun memberikan yang terbaik yang mereka lakukan. Mulai dari grogi, takut menjadi satu di hari itu dan diruangan ujian. Namun tak gentar mereka tetap memberikan yang terbaik.

Munaqosah kali ini dibagi menjadi 2 kelas, ikhwan sendiri dan akhwat sendiri, dengan penguji dari pesantren Nurul Fallah.

Semoga dengan diadakan kegiatan ini membuat mereka semakin semangat dalam membaca Al – Qur’an serta mengamalakan isi dalam Al – Qur’an tersebut, selain itu memang sudah menjadi kewajiban bagi umat islam untuk menghidupi Al –Qur’an tersebut.

تَبَارَكَ الَّذِي نَزَّلَ الْفُرْقَانَ عَلَىٰ عَبْدِهِ لِيَكُونَ لِلْعَالَمِينَ نَذِيرًا

Maha Suci Allah yang telah menurunkan al-Furqân (Al-Qur`ân) kepada hamba-Nya, agar dia menjadi pemberi peringatan kepada seluruh alam. [al-Furqân/25:1].

Begitulah setidaknya Allah menurunkan Al Qur’an sebagai peringatan serta pegangan kepad Umat Islam utamanya serta untuk umum.

Sudah banyak Alumni yang menjadi guru ngaji di berbagai TPA atau sekolahan baik disurabaya maupun kota – kota lainya. Menjadi guru ngaji merupakan karir dan rejeki lain serta tambahan. Namun sebenarnya sudah mahir membaca juga sudah baik. Namun lebih baik mengajarkan ilmu yang sudah di terima. Mudah mudahan bisa istiqomah dalam kebaikan.

Satu pemikiran pada “Munaqosah Tilawati Mandiri Entrepreneur Center”

Tinggalkan komentar