3+ Kunci Masuk Surga yang Perlu Kita Ketahui

Kunci Masuk Surga – sebagai manusia pasti menginginka hidup yang bahagia baik di dunia bahkan di Akhirat kelak.

Yah kehidupan didunia bisa di tandai dengan kebahagian dengan pasangan, keluarga, saudara atau dengan harta yang di punyai, namun apakah anda tahu kehidupan selanjutnya atau tanda bahagia di akhirat?

Jawabanya adalah kehidupan di surga. Siapa sih yang tidak menginginkan surga ? semua insan manusia tentunya menginginkan masuk surga. Mendapat surga di alam barka berarti telah mendapat tempat terbaik.

Berkut ini akan kita coba rangkumkan beberapa hadis Nabi Muhammad SAW yang tentang kunci surga yang bisa dilakukan oleh manusia pada saat di dunia. Berikut penjelasanya.

Bersaksi Tiada Tuhan Selain Allah

kunci masuk surga

Seperti yang telah di sabda kan oleh Rosulullah SAW yang berbunyi :

ِفْتَاحُ اْلجَنَّةِ شَهَادَةٌ أَنْ لَا إِلهَ إلَّا الله

Artinya : “Kunci surga adalah bersaksi Tiada Tuhan Selain Allah “ ( HR. Ahmad )

Kunci surga yang pertama adalah bersaksi bahwa tidak ada tuhan yang patut di sembah selain Allah.

Yah pada dasarnya ini merupakan hal yang paling penting untuk kita sebagai umat islam, karena sejatinya Tuhan itu hanya satu yaitu Allah SWT dan tidak ada lagi tuhan yang lain selain Allah SWT.

Biasanya , ketika ada orang non muslim yang ingin masuk di agama islam mengucapkan kalimat syahadat terlebih dahulu sebelum yang lainya.

Menegakan Sholat

kunci masuk surga

Ada hadis tentang kunci surga ini :

ِفْتَاحُ اْلجَنَّةِ اَلصّلَاة

Artinya : “ Kunci surga adalah menegakkan sholat “ ( Dari Jabbir bin Abdillah RA )

Sholat sendiri merupakan amal lahiriyah sekaligus sebagai bentuk rasa syukur dan iman kepada Allah SWT.

Ada sebuah hadis dari Rosulullah yang menjelaskan akan pentingnya sholat dan tidak meninggalkanya, yang mana sholat sendiri merupakan amalan jasmaniah yang paling pertama di hisab ketika di akhirat kelak.

Sholat sendiri merupakan kegiatan atau aktivitas yang akan mempengaruhi kegiatan lainya. Jika sholatnya baik maka akan baik pula amalan amalan lain diluar sholat. Dan berlaku juga kebalikanya, jika sholatnya buruk maka buruk pula amalan diluar sholatnya.

Selain itu sholat yang dilakukan akan menjadi kunci sukses ketika berada di alam kubur dan ditanya oleh malaikat salah satunya siapa tuhanmu dan lain sebagainya. Kok bisa sih ? ya karena jawaban – jawaban atas pertanyaan itu suda ada di dalam bacaan Sholat.

Mencintai Fakir Miskin

وَمِفْتَاحُ اْلجَنَّةِ حُبُّ اْلمَسَاكِيْنِ وَاْلفُقَرَاءِ

Kunci surga yang terakhir adalah mencintai fakir miskin seperti hadis yang diriwayatkan oleh Ibnu Ummar RA yang berbunyi :

Artinya : “ Dan kunci surga adalah mencintai fakir miskin” ( Dari Ibnu Ummar RA )

Al – Qur’an mejelaskan bahwa manusia yang tidak peduli dengan Fakir miski dan anak yatim merupakan pendusta agama yang sesungguhya. Amalan ini merupakan amalan sosial dalam ranah akhlak yang perlu kita lakukan.

Jadi bisa disimpulkan bahwasanya masuk surga tidak bisa hanya dengan kesholihan personal saja melainkan juga harus ada amalan sosial seperti zakat, sedekah, menyantuni anak yatim dan lain sebagainya.

Namun kita sebagai umat islam juga perlu memiliki akhlak yang baik seperti yang dicontohkan oleh tauladan kita yaitu Rosulullah SAW.

Maka dari itu mari kita perbaiki diri dengan akhlak, dan beberapa amalan yang harus selalu kita jaga.

Terimakasih semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar