4 Konsep Kemandirian di Mandiri Entrepreneur Center

Mandiri Entrepreneur Center – Sebuah lembaga pastinya mempunyai keunggulan tersendiri, baik itu dari segi akhlak, keagamaan, kemandirian dan lain – lain sebagainya.

Begitu juga di Mandiri Entrepreneur Center, selain skill yang di ajarkan, keagamaan yang selalu di kaji ada 4 konsep kemandirian yang harus peserta didik laksanakan serta pelajari untuk kehidupan selanjutnya di dunia yang nyata.

Apa sih 4 konsep kemandirian yang di gadang – gadang akan membuat perubahan besar pada mindset peserta didik ?

4 konsep kemandirian tersebut adalah Komunikasi, Negosiasi, Kolaborasi, Selling. 4 konsep ini memang harus di miliki oleh setiap orang, pasalnya negosiasi, kolaborasi, komunikasi dan selling merupakan sebuah aktiviitas yang harus dilakukan pada era sekarang ini.

Namun banyak yang tidak mengetahui apa sih maksud dari Komunikasi, Negosiasi, Kolaborasi dan selling itu seberapa penting dan maksudnya apa. Nah berikut ini admin akan jelaskan pengertian dari 4 konsep kemandirian yang  menjadi nilai tambah bagi Peserta didik Mandiri Entrepreneur Center.

Komunikasi

konsep kemandirian

Komunikasi sendiri adalah suatu proses di mana seseorang berhubungan dengan orang lain baik secara langsung atau hanya sebatas pesan dan berharap ada tanggapan balik kepadanya. Banyak cara dan beragam media untuk berkomunikasi, bisa dengan bertatap muka atau hanya sebatas menggunakan gadget atau media sosial lain itu juga sudah termasuk komunikasi.

Adapun fungsi dari komunikasi sendiri adalah sebagai alat pengendali, alat motivasi serta untuk menyampaikan ungkapan emosional.

Apakah ada kelas untuk belajar komunikasi dengan baik di Mandiri Entrepreneur Center ? jawabanyaa tidak ada kelas khusus peserta didik akan tetap bisa belajar komunikasi dengan beberapa kegiatan yang mengharuskan untuk berkomunikasi, seperti persentasi, mengisi kajian kultum, dan kegiatan kemahasiswaan yang lainya.

Peserta didik di paksa untuk bisa berkomunikasi dengan baik, karena dengan komunikasi peserta didik akan menjadi survive di bidang apapun nanti.

Negosiasi

konsep kemandirian

Selain komunikasi, era milenial sekarang ini membutuhkan yang namanya kemampuan bernegosiasi.

Namun apa sih pengertian dari negaosiasi itu sendiri ?

Negosiasi merupakan suatu bentuk kegiatan komunikasi atau interaksi sosial yang bertujuan untuk mencapai kesepakatan antara kedua belah pihak atau lebih yang mempunyai kepentingan sendiri – sendiri.

Mungkin kalian beranggapan bahwa Negosiasi hanya untuk pengusaha – pengusaha saja, tapi salah negosiasi ini juga bisa di lakukan untuk Mahasiswa – mahasiswa seperti di Mandiri Entrepreneur Center.

Mandiri Entrepreneur Center memberikan kesempatan belajar negosiasi , biasanya peserta didik belajar negosiasi mulai dari awal masuk, seperti contoh pada awal pembelajaran biasanya peserta didik di minta untuk mencari suplier atau pedagang yang bisa untuk di bantu atau bernegosiasi untuk menjualakan barang daganganya.

Kolaborasi

konsep kemandirian

Kolaborasi sama dengan kerja sama, yaitu bergabunya 1 atau lebih perusahaan atau perusahaan untuk membuat sebuah hasil yang maksimal.

Kolaborasi sendiri adalah komponen yang sangat penting dilakukan untuk zaman sekarang ini, tidak zaman lagi sekarang bekerja sendiri karena hasil kerja pun tidak akan maksimal, namun sudah waktunya zaman sekarang membutuhkan kekuatan kolaborasi atau kerjasama untuk membuat sesuatu yang menakjubkan.

Hal yang sama juga di lakukan di Mandiri Entrepreneur Center bahwa kehidupan berasrama yang diharuskan membuat peserta didik harus selalu bekerja sama, mulai dari bangun tidur sampai tidur kembali.

Banyak yang dilakukan peserta didik Mandiri Entrepreneur Center untuk selalu bekerjasama atau berkolaborasi, dengan di bentuknya BEM ( Badan Eksekutit Mahasiswa ) belajar untuk berkolaborasi semakin terasah dan diharapkan ketika sudah berkarya di luar tidak mementingkan kepentingan sendiri melainkan bisa untuk berkolaborasi.

Selling

konsep kemandirian

Selling di sini adalah bentuk penjualan atau hasil dari Komunikasi negosiasi yang sudah kita bahas di atas, pasalnya selling tidak akan terjadi jika 3 komponen sebelum nya tidak ada.

Bentuk kegiatan selling di Mandiri Entrepreneur Center sendiri adalah jualan atau dirrect selling yang biasa di lakukan pada sabtu dan minggu pagi sampai siang, kemampuan komunikasi, neegosiasi, kolaborasi dan selling akan di uji di sini.

Maka banyak alumni yang berhasil sukses dengan berwirausaha pasalnya mental memang sudah di ajarkan di Mandiri Entrepreneur Center.

Nah itu tadi penjelasan beberapa poin pokok pembelajaran di Mandiri Entrepreneur Center yang harus di miliki oleh peserta didik setalah lulus dari Mandiri Entrepreneur Center.

Bisa kita lihat pasalnya 4 komponen di atas tidak akan terjari jika tidak ada dari salah satu komponen. Semua komponen di atas saling berkaitan dan saling berhubungan. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar