Keutamaan Bulan Rajab beserta Sunnah Rajab perlu di ketahui

Keutamaan Puasa Bulan Rajab – Tepat pada bulan 25 Februari kemarin umat islam terutama telah berkesempatan bisa merasakan bulan rajab. Salah satu bulan Allah yang di Haramkan ( Muliakan ). Bulan Rajab sendiri merupakan bulan ke 7 dalam penanggalan kalender islam.

Kata “Rajab” Berarti keagungan atau kemuliaan. Bulan Rajab disebutkan dalam Al – Qur’an sebagai Asyhurul Hurum yang berarti bulan yang di hormati. Namun apa saja sih keutamaan Puasa di bulan rajab ini ?? Berikut adalah pembahasanya.

Keutamaan Puasa Bulan Rajab

amalan di bulan rajab

Sesuai dengan kepercayaan umat islam, bulan rajab merupakan Bulan salah satu bulan yang dimuliakan di bandigkan dengan bulan yang lain. Namun sebenarnya ada 4 bulan lainya yang dimuliakan.

  • Melaksanakan Puasa Bulan Rajab

Salah satu keutaman dan anjuran pada bulan rajab adalah melakukan puasa. Namun puasa ini tidaklah wajib bisa di kerjakan jika mau dan tidak mendapatkan dosa jika tidak di kerjakan.

Seperti Hadis Nabi yang berbunyi : “Barang siapa berpuasa pada bulan Rajab sehari maka laksana ia puasa selama sebulan, bila puasa 7 hari maka ditutuplah untuknya pintu neraka jahanam. Bila puasa 8 hari maka dibukakan untuknya 8 pintu surga. Dan apabila puasa 10 hari maka Allah akan mengabulkan semua permintaannya. ” (HR.At-Thabrani)

  • Mencatat Amal Baik Selama 60 Bulan

Hal ini berhubugan dengna keutamaan nomor satu bahwa Rosulullah bersabda : ” Barangsiapa berpuasa pada tanggal 27 Rajab maka Allah mencatat sebagaimana orang itu berpuasa selama 60 Bulan “ ( Abu Hurairah )

  • Apabila Puasa Selama 7 Hari di Bulan Rajab Maka akan Menutup Pintu neraka baginya
  •  Apabila puasa selama 8 hari pada bulan Raja, maka akan membuka 8 pintu surga untuknya.

Sumber : pontianak.tribunnews.com/

Niat Puasa Bulan Rajab

amalan di bulan rajab

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ فِى شَهْرِ رَجَبِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Nawaitu Sauma Ghodin Fii Syahri Rajabi Sunnatan Lillahi Ta’ala

Artinya : ” Saya niat puasa esok hari di bulan Rajab karena Allah Ta’ala “

Amalan Amalan Bulan Rajab

amalan di bulan rajab

1. Perbanyak Sayyidul Istighfar

Istighfar merupakan amalan yang mustinya kita lakukan setiap harinya. Istighfar sendiri merupakan ungkapan taubat kita sehari – hari karena pastinya kita sebagai manusia banyak dosa yang dilakukan setiap hari entah itu yang di sengaja maupun yang tidak disengaja.

Adapun bacaan Sayyidul Istighfar adalah sebagai berikut :

اللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّي لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ خَلَقْتَنِي وَأَنَا عَبْدُكَ وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ أَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ وَأَبُوءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ وَأَعْتَرِفُ بِذُنُوبِي فَاغْفِرْ لِي ذُنُوبِي إِنَّهُ لَا يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلَّا أَنْتَ

2. Doa Ketika Masuk Bulan Rajab Sesuai Dengan yang Diajarkan Rosulullah

اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْ رَجَبَ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنَا رَمَضَانَ

Diatas merupakan bacaan do’a rajab. Selain membaca istigfar di anjurkan juga pada bulan rajab dan ketika masuk untuk membaca doa di atas.

Do’a diatas merupakan do’a yang di anjurkan Rosulullah.

3. Berpuasa di Bulan Rajab

Amalan – amalan terbaik yang bisa dilakukan pada bulan rajab adalah melakukan puasa, seperti yang sudah adin jelaskan di atas melakukan puasa pada bulan yang mulia ini merupakan salah satu anjuran untuk mendapatkan ampunan serta pahala yang berlipat.

Jadi untuk kalian yang memang berniat menari pahala pada bulan mulia ini bisa melakukan atau melaksanakan puasa rajab.

4. Shalawat Nabi

Menurut Syech Nadzim Al – Haqqaani menganjurkan untuk bersholawat kepada baginda Rosulillah SAW. Tidak di tentukan banyaknya namun berikan yang berbaik dengan membaca sholawat sebanyak – banyaknya.

Bershalawat Nabi dimulai dengan 100 – 100 Ribu juga di perkenankan , karena sejatinya amalan ini sudah di anjurkan walaupun tidak pada bulan rajab.

Amalan – amalan di atas merupakan amalan yang memang sudah seharusnya di laksanakan, namun pada bulan rajab seperti ini memang pahalanya akan berlipat, jadi alangkah baiknya kita maksimalkan ibadah kepada Allah SWT dan hindari maksiat yang berlebih.

Demikian tadi pembahasan mengenai Keutamaan Puasa Bulan Rajab yang bisa admin sampaikan mudah – mudahan bermanfaat dan selalu bisa mengispirasi.

Jangan lupa share jika menurut anda ini bermanfaat.

Tinggalkan komentar