Cari Pahala Lewat Jumat Berkah dengan Berbagi

Sedekah Hari Jum’at – Sesuai dengan Hadist yang diriwayatkan oleh Imam Syafi’i bahwasanya ““Telah sampai kepadaku dari Abdillah bin Abi Aufa bahwa Rasulullah bersabda, ‘Perbanyaklah membaca shalawat kepadaku di hari Jumat sesungguhnya shalawat itu tersampaikan dan aku dengar’. Nabi bersabda, ‘Dan di hari Jumat pahala bersedekah dilipatgandakan’.”

Dari hadist diatas dijelaskan bahwa sedekah di hari Jum’at pahalanya akan di lipatkgandakan. Sudah diketahui bersama bahwa Hari Jum’at merupakan hari Mulia bagi umat muslim.

Hari Jum’at sendiri juga mempunyai banyak kemuliaan dan anjuran untuk melakukan amalan yang banyak termasuk juga sedekah. Hal seperti itu juga di ajarkan di Mandiri Entrepreneur Center baru di agendakan pada tehun 2019 – 2020 namun sudah banyak kontribusi dan sedekah yang sudah dilaksanakan.

Jum’at Berkah MEC

jumat berkah

Yah kegiatan ini dilakukan setiap hari Jum’at dengan memberikan beberapa Nasi bungkus untuk orang yang membutuhkan seperti di TPS ataupu masjid – masjid di daerah Surabaya.

Sudah berjalan beberapa bulan dari sekarang, dan sudah banyak pula kolaborasi serta hasil yang telah mereka dapatkan. Termasuk kenalan dengan beberapa takmir masjid dan menambah rasa syukur dalam kehidupan bahwa masih ada orang dibawah kita.

Kegiatan yang dipelopori oleh BEM ( Badan Eksekutif Mahasiswa ) dan juga dibantu oleh Prodi Kuliner sebagai juru masak serta Manajemen Zakat yang mencari donasi atau orang – orang yang akan menyisihkan uang nya untuk saudara – saudaranya yang membutuhkan.

Biasanya, dalam satu Jum’at Peserta Didik khususnya Prodi Kuliner berhasil membuat Nasi Bungkus lebih dari 200 bungkus dan semuanya di distribusikan ke masjid atau orang – orang yang membutuhkan.

Mengajak Untuk Berbagi

jumat berkah

Sesuatu yang indah tentunya membutuhkan kerja keras terlebih dahulu, seperti peribahasa ” yang bersungguh – sungguh akan mendapatkan ” termasuk juga dengan kegiatan yang dilakukan setiap minggu ini, mereka harus mencari banyak donatur yang bersedia menyisihkan uangnya untuk Jum’at berbagi ini.

Ada banyak hal yang perlu di garis bawahi dari kegiatan ini. Banyak di sekeliling kita yang sudah mampu untuk memberi namun bingung ingin membagi kemana, ada yang ingin memberi namun bingung apa yang ingin di berikan.

Nah dengan keberanian Peserta Didik mereka mengajak orang disekeliling Kampus Kemandirian untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini.

Dengan diadakanya kegiatan ini banyak dari peserta didik semakin aktif untuk berkomunikasi dengan orang – orang baru bahkan mereka setiap minggunya berhasil mengumpulkan uang 1 – 2 Juta.

Kita sebagai umat muslim harus peduli dengan sekitar kita, jangan sampai orang lain menganggap orang islam tidak ada yang peduli dengan sesamanya, maka dari itu inisiatif untuk membentuk kegiatan ini memang bisa dijadikan solusi agar peserta didik bisa lebih peduli lagi ke sekitar nya.

Mudah – mudahan bermanfaat terimakasih.

Jangan lupa baca artikel lainya di : https://diklatkemandirian.id/

Tinggalkan komentar