Mengenal Macam – Macam Gaya Belajar Yang Perlu di Ketahui

Gaya Belajar – Belajar memang tidak bisa di hilangkan dalam kehidupan ini, baik yang masih sekolah, kuliah ataupun yang sudah bekerja pun masih memerlukan yang namanya belajar.

Setiap orang pasti memiliki gaya belajar yang berbeda – beda, ada yang belajarnya harus dengan pendengaran, penglihatan dan lain – lain.

Seorang guru harus memahami jelas bagaimana gaya belajar muridnya. Namun seorang siswa pun juga harus paham dengan gaya belajarnya sendiri agar lebih paham dan bisa mempraktekan saat belajar.

Namun ada berapa macam sih gaya belajar orang ? berikut ini akan kami bahas beberapa gaya belajar yang perlu anda ketahui.

1. Visual ( Spatial )

gaya belajar

Gaya belajar dengan model visual adalah ketika seseorang lebih cenderung suka dengan gambar, diagram, warna, imajinasi dan sesuatu yang berkaitan dengan penglihatan.

Nah jika kalian memiliki gaya yang seperti itu sudah pasti anda termasuk yang visual labih suka dengan hal – hal yang berkaitan dengan penglihatan atau visual.

Jika kamu merasa nyaman dengan gaya belajar yang seperti ini mulailah belajar dengan melihat video, tulisan dengan banyak warna, atau membuat mindmap.

Gaya belajar ini lebih senang melihat dari pada mendengar. Kebanyakan orang yang memiliki gaya belajar ini akan merasa bosan jika harus mendengarkan dan juga melihat tulisan saja tanpa ada gambar yang berwarna.

Kelebihan orang yang mempunyai gaya belajar ini adalah lebih teliti dan detail dengan pekerjaan atau tugas yang dikerjakan.

2. Aural ( Auditory )

gaya belajar

Gaya belajar auditory di tandai dengan seseorang yang mudah menyerap dan memahami suatu omongan atau penjelasan dari orang lain.

Sumber yang bisa dijadikan untuk belajar adalah dengan mendengarkan audio, mendengarkan penjelasan guru, pidato, rekaman suara atau media lainya.

Orang yang memiliki gaya belajar seperti ini akan bisa sukses di dunia musik karena mempunyai sense yang baik terhadap nada dan ritme.

Orang dengan model belajar seperti ini akan lebih senang jika mengucapkan kembali apa yang sudah dibaca.

Kelebihan orang dengan gaya belajar ini adalah bagus dalam berbicara atau  bercerita.

Kebanyakan orang yang memilki mode belajar Auditory tidak bisa diam dalam waktu yang lama dan lebih senang untuk bergerak.

3. Verbal ( Linguistic )

gaya belajar

Gaya belajar ini lebih senang dengan kata – kata. Kebanyakan orang yang menggunakan gaya belajar ini lebih sering dengan pantun, puisi atau sesuatu yang berhubungan dengan kata.

Orang yang memiliki gaya belajar ini akan mudah memahami pelajaran dengan membaca dan menulis suatu pelajaran.

Cara agar kamu lebih bisa menggunakan gaya belajar ini lebih seringlah untuk menautkan pelajaran dengan kata – kata.

4. Physical ( Kinesthetic )

gaya belajar

Nah kalu gaya belajar ini biasanya lebih senang dan mudah memahami dengan hal – hal yang berkaitan dengan fisik.

Contohnya dengan sentuhan, menggunakan alat peraga, atau terjun langsung dalam pelajaran yang sedang dilaksanakan.

Orang yang mempunyai gaya belajar seperti ini lebih sering suka dengan kegiatan yang berkaitan dengan gerak seperti olahraga atau hal yang lainya.

5. Logical

gaya belajar

Orang yang selalu unggul berarti dia adalah orang yang mempunyai gaya belajar dengan logical. Orang yang mempunyai gaya belajar ini bisaanya cepat menyadari suatu bentuk dan pola.

6. Sosial ( Interpersonal )

gaya belajar

Kamu mempunyai keunggulan dalam berhubungan sosial ?? nah berarti kamu mempunyai gaya belajar dengan interpresonal nih.

Orang yang mempunyai gaya Interpresonal biasanya lebih suka dengan kegiatan sosial atau senang dengan komunikasi baik secara langsung ataupun tulisan.

Dalam kelas orang dengan gaya ini lebih suka untuk berdiskusi atau menyelasaikan dengna berkelompok.

7. Solitary ( Intrapersonal )

gaya belajar

Orang yang mempunyai gaya belajar di atas lebih cenderung menyendiri atau akan lebih gampang memahami suatu pelajaran dengan menyendiri atau dalam keadaan sepi.

Nah itulah tadi beberapa gaya belajar seseorang yang sudah kami bahas untuk anda. Anda termasuk ke gaya belajar yang mana?

Namun perlu diingat bahwa semua orang tidak hanya memilki gaya belajar hanya satu saja bahkan bisa 1 atau 2 gaya belajar yang di miliki.

Tinggalkan komentar