Cara Menghafal Al – Qur’an Cepat dan Tepat

Cara Menghafal Al – Qur’an – Sudah menjadi kepercayaan bagi umat islam, bahwa Al – Qur’an merupakan kitab terakhir yang paling benar dan sebagai pelengkap Kitab – Kitab Nabi sebelum Nabi Muhammad SAW.

Banyak kalangan yang ingin bisa menghafal Al – Qur’an baik Ikhwan maupun Akhwat, yang sudah tua maupun yang masih muda, karena kepercayaan bahwa siapa yang menghafal Al – Qur’an akan di janjikan Surga dan bisa memberikan mahkota untuk orangtua di Akhirat kelak.

Namun banyak tantangan yang berbeda setiap kalangan, untuk orang tua menghafal merupakan hal yang sulit karena volume pengingatnya sudah berkurang.

Namun banyak juga di kalangan warna negara Indonesia yang berhasil menghafal Al – Qur’an dengan umur yang masih belia. Mereka yang berhasil menghafal Al – Qur’an tidak lepas dari usaha keras yang setiap hari dilakukan serta dukungan dari diri sendiri maupun dari guru.

Mungkin sobat Diklat Kemandirian bertanya – tanya bagaimana sih agar bisa menghafal dengan cepat dan tepat ? atau metode yang digunakan oleh mereka yang bisa menghafal Al – Qur’an di umur yang masih belia.

Berikut ini adalah cara dan tips menghafal Al – Qur’an yang cepat dan tepat.

1. Meluruskan Niat Karena Allah SWT

cara menghafal al qur'an

Cara menghafal Al – Qur’an yang pertama adalah diawali dengan niat. Seperti Hadist nabi tentang niat yang berbunyi  yang berarti “Sesungguhnya setiap amalan tergantung pada niatnya” Nah maka dari itu untuk sobat yang punya keinginan mempunyai hafalan Al – Qur’an di awali dari niat.

Menghafal karena ingin mendapat ridho Allah SWT adalah sebaik – baiknya niat.

Banyak terjadi ketika niat dari orang yang akan menghafal Al – Qur’an hanya ingin pamer atau ingin di panggil Al Hafiz oleh teman – temanya maka biasanya hafalan yang di jalaninya akan terasa sangat susah.

2. Melaksanakan Sholat Hajat

cara menghafal al qur'an

Nah cara selanjutnya adalah sholat hajat. Setelah selesai menata niat yang benar yaitu dengan meminta kepada Allah agar belajar menghafalnya dilancarkan oleh Allah SWT.

Pada saat melaksanakan sholat hajat ini memohonlah kepada Allah agar saat proses menghafal bisa berjalan dengan lancar dan mendapat keridhoan dari Allah SWT karena Al Qur’an merupakan milik Allah SWT.

3. Mengakrabkan Diri Dengan Al- Qur’an

cara menghafal al qur'an

Istilah mengakrabkan diri dengan Al Qur’an mungkin tidak asing lagi ya, apalagi kata akrab pasti sudah biasa disebutkan dan di ucapkan.

Mulai hari ini untuk bisa menghafal Al – Qur’an dengan baik cobalah untuk selalu ingat dengan Al – Qur’an, istimewakan Al – Qur’an di keseharian anda.

Jangan fikirkan metode untuk menghafal yang ribet. Namun, biasakan dulu dengan Al – Qur’an bisa dengan membaca 5 – 7 Juz perhari agar lebih dapat akrabnya dengan Al – Qur’an, setelah itu bisa di mulai dengan menghafalan 1 ayat setiap hari dan usahakan istiqomah setiap hari.

4. Memperbaiki Bacaan Al – Qur’an

cara menghafal al qur'an

Cara yang selanjutnya adalah dengan memperbaiki bacaan Al – Qur’an. Hal tersebut untuk menghindari bacaan dan hafalan yang salah.

Jangan sampai ketika menghafal malah salah bacaanya, maka dari itu sebelum menghafal Al – Qur’an usahakan untuk memperbaiki bacaan terlebih dahulu.

Untuk memperbaiki bacaan bisa di mulai dari baca Iqra’, tilawati atau metode yang di ketahui.

Memperbaiki bacaan biasanya akan lebih mempermudah saat menghafal, disamping itu memperbaiki bacaan pada hafalan tidak akan mengurangi pahala justru pahala akan berkurang ketika bacaan yang dihafalkan salah.

5. Mempunyai Metode Menghafal

cara menghafal al qur'an

Cara selanjutnya adalah memperbaiki metode menghafal. Ada 2 macam metode hafalan yang bisa anda gunakan.

  • Menghafal per halaman

Mendengar hafal perhalaman sudah membuat kita berfikir keras, namun cara ini adalah cara yang ampuh untuk bisa menghafal Al – Qur’an dengan Cepat dan tepat.

Menggunakan metode ini hanya disarankan untuk yang menggunakan Qur’an berstandar Madinah.

Cara untuk menghafal perhalaman ini adalah membaca berulang – ulang terlebih dahulu halaman yang ingin dihafalakan, seetelah itu baru coba di setorkan kepada Ustad / Ustadzah pengampu.

Cara saat membaca usahakan menggunakan cara tartil atau pelan, karena untuk memperhatikan titik –  titik dimana akan berhenti dan juga untuk berhati – hati dalam membaca.

  • Menghafal Per Ayat

Metode ini adalah metode yang paling aman, walaupun agak lama namun menggunakan metode ini akan menghasilkan hafalan yang baik.

Selain bisa menghafal Qur’an dengan benar menggunakan metode ini anda juga bisa menghafal ayatnya dan juga tempat ayatnya.

Cara untuk menghafal dengan metode ini yaitu dengan membaca satu ayat yang ingin dihafalkan berulang – ulang sampai anda yakin hafal. Jangan lupa untuk mencoba menutup Qur’an setelah membaca berulang – ulang.

Setelah selesai 1 ayat bisa pindah ke ayat berikutnya sampai nanti 1 halaman dan setelah itu bisa di setorkan kepada ustad / ustadzah yang mengampu.

6. Jangan Ganti Mushaf Al – Qur’an

cara menghafal al qur'an

Jangan pernah mengganti mushaf yang dipakai. Analogi menghafal Al – Qur’an adalah seperti kita merekam sesuatu dan di simpan di dalam memori. Dengan begitu menggunakan 1 mushaf akan menjadi tolak ukur keberhasilan karena menggunakan struktur Al – Qur’an yang sama.

Al – Qur’an diterbitkan oleh beda – beda penerbit, dan setiap penerbit mempunyai karakter tersendiri serta struktur yang berbeda pula.

Maka dengan demikian usahakan untuk menggunakan satu mushaf yang memang nyaman untuk anda, gunakan sampai anda benar – benar bisa menghafal dengan baik.

7. Istiqomah Murojaah

cara menghafal al qur'an

Banyak para hafiz yang menyatakan “yang paling susah itu bukan menghafal tapi untuk menjaganya ” banyak mereka yang gampang saat menghafal namun hafalan cepat hilang, ada juga yang menghafal lama namun hafalanya bisa kuat.

Nah cara untuk menjaga hafalah adalah istiqomah murojaah atau mengulang- ulang hafalan yang sudah selesai.

Jangan sampai malas untuk murojaah atau mengulangi hafalan , karena akan cepat hilang hafalan yang anda punyai.

8. Targetkan Hafalan Akan Di Selesaikan

cara menghafal al qur'an

Membuat target adalah salah satu kunci keberhsailan anda untuk menghafal, biasakan untuk menargetkan sesuatu termasuk untuk menghafal.

Untuk 30 Juz umunya memerlukan bertahun – tahun lamanya, maka bisa dimulai dengan hafalan pada juz 30 terlebih dahulu.

9. Waktu Khusus Untuk Menghafal

cara menghafal al qur'an

Berilah dalam satu hari harus ada waktu khusus untuk anda menghafal. Tips yang di anjurkan oleh Imam Al Khatib Al Baghdadi dalam Mukaddimah Majmu’ Syarh Al Muhadzdzab ada beberapa waktu yang bisa dibuat untuk waktu khusus menghafal.

  • Sepertiga Malam

Waktu sepertiga malam ini mempunyai banyak faedah biasakan setelah selesai sholat malam untuk menghafal Al – Qur’an. Biasanya waktu ini adalah waktu yang paling mudah untuk menhafal Al – Qur’an.

  • Pagi Hari

Waktu pagi hari juga bisa digunakan untuk menghafal Al Qur’an, banyak orang yang menganjurkan untuk melakukan hafalan pada waktu ini. Alesan hafalan di waktu pagi hari adalah otak manusia masih fresh dan masih belum banyak digunakan.

10. Perbanyak Doa

cara menghafal al qur'an

Berdoa merupakan tips terakhir, apalah artinya usaha tanpa adanya do’a, manusia hanya berikhtiar dan Allah lah yang menentukan.

Perbanyak doa kepada Allah dan mohonlah kepada Allah untuk membantu anda menghafal mushaf Nya.

Itu tadi beberapa tips menghafal Al – Qur’an dengan cepat dan tepat yang bisa anda lakukan, selalu berikhtiar dan tetap serahkan semua kepada Allah SWT. Terimakasih

Buka Artikel lain di www.diklatkemandirian.id

Tinggalkan komentar