Cara Melatih Pikiran Positif

Cara Melatih Pikiran Positif – pikiran positif tentunya akan berdampak pada keseharian seseorang, mood seseorang bisa di lihat dengan pikiran positifnya. Itu semua sudah terbukti dengan beberapa psikolog yang memberi pendapat akan baiknya berpikir positif.

Namun, tidak semua orang mudah untuk berpikir postif tentunya sangat sulit, karena pada dasarnya setiap hari ada saja hal yang mungkin membuat orang itu tidak bisa berpikir positif.

Nah oleh karena itu admin di sini akan coba sedikit menjelaskan tentang bagaimana sih cara untuk melatih pikiran positif itu? Apa yang harus dilakukan? Berikut rangkumanya untuk anda semua. Yuk baca terus sampai bawah.

Pandai Bersyukur

bersyukur

Kebanyakan orang masih menganggap apa yang tidak dimilikinya itu adalah sebuah kegagalan atau sebuah kebodohan. Namun hal itu sangat salah untuk anda yang mau melatih pola pikir yang posititf.

Cobalah untuk tidak berfokus pada apa yang tidak kamu punya tetapi berfokuslah kepada apa yang menjadi kemampuanmu karena dengan itu anda akan bersyukur.

Seperti Firman Allah dalam Al – Qur’an yang berarti “ Apabila umatku bersyukur maka akan kutambah nikmatnya dan apa bila kufur maka adzabku sangat pedih “ Kurang lebih seperti ini. Allah sendiri menegaskan bahwa kita sebagai umatnya harus pandai bersyukur dan dengan bersyukur akan tumbuh yang namanya pikiran positif.

Anda tidak lebih buruk dari orang lain karena pada kodratnya semua orang itu sama hanya saja senjata yang di gunakan berbeda, maka dari itu lebih fokuslah kepada apa yang kamu punya.

Cari Teman Yang Selalu Support

konsep kemandirian

Hampir semua orang setuju selain lingkungan faktor teman juga mempengaruhi baik dari perilaku maupun pola pikirnya.

Nah untuk hal ini terkadang pikiran negatif itu sangat cepat menular. Maka dari itu cari teman yang dari segi omongan perilaku menunjukan hal yang positif maka anda akan mudah untuk bisa berpikir positif pada setiap apa yang tejadi.

Carilah teman yang selalu mensupport apa yang anda lakukan, jangan mencari teman yang hanya sukanya membenci, suka ngehasut dan lain sebagainya.

Memposisikan Sebagai Penanggung Jawab

proaktif

Mempunyai tanggung jawab memang berat, namun pelu di ketahui dan di ingat, manusia memang tidak bisa memilih yang akan terjadi namun bisa mengendalikan baik itu pikiran, perasaan maupun tindakan yang akan dilakukan.

Semua yang berhubungan dengan anda tentunya itu menjadi sebuah tanggung jawab anda, baik itu di sekolahan, organisasi, pekerjaan atau kehidupan kesehearian lainya. Maka dari itu ubah pola pikir yang menganggap bahwa yang tidak ada hubunganya menjadi “ saya bertanggung jawab atas itu”.

Selain itu kendalikan semuanaya, dan berkatalah pada dirimu sendiri “ semua sudah menjadi hakku pikiran, perasaan serta tindakanku, maka aku memutuskan untuk bahagia dan berpikir positi” nah dengan ikhtiar begitu insyaaallah akan ada jalan untuk selalu berpikir positif.

Baca Juga : Cara Megembangkan Potensi Diri

Ubah Kata “ Negatif “ Menjadi “Positif”

selalu berpikir positif

Ada banyak kata – kata yang itu termasuk ke dalam hal negatif dan sering kita ucapkan dengan tidak sengaja.

Mulai sekarang ubah kata tidak bisa menjadi bisa, kata waduh menjadi iya dan ubah kata – kata lain yang merujuk kepada hal negatif rubahlah menjadi hal yang positif.

Berbuat Baiklah

pengalaman pribadi dzikri di mec

Berbuat baik kepada orang lain tentunya akan berdampak baik pula untuk anda yang melakukan. Karena kebanyakan dari kita ketika sudah berbuat baik dan merasa puas tentunya akan membuat kita semakin positif.

Jadi teruslah menjadi baik, dan terus latih untuk menjadi orang baik serta orang yang bisa berpikir positif di setiap harinya.

Lihat Sesuatu Dari Sisi Baiknya

selalu berpikir positif

Suatu kejadian tentunya mempunya dua dampak yaitu dampak baik dan dampak buruk, nah untuk kali ini lihatlah sesuatu dari sisi baiknya saja.

Kebanyakan dari kita memang masih sering melihat dari buruknya, ibarat orang melihat di awal sudah jelek meskipun pada akhirnya menjadi baik yang masih di ingat oleh orang lain hanya keburukannya.

Nah mulai sekarang coba lihat sesuatu dari sisi baiknya saja, maka dengan begitu pikiran piositif akan mudah untuk kita lakukan.

Perbanyak Tertawa

selalu berpikir positif

Tawa mampu untuk meredam stress, tertawa juga mampu membangkitkan gairah kehidupan. Maka dari itu sempatkan waktu untuk tertawa pada setiap harimu agar semangat hidupmu tumbuh dan positifmu juga tumbuh.

Ada banyak cara agar membuat anda tertawa, bisa bergabung dengan teman yang humoris, nonton video humor atau baca kata – kata lucu.

Tentukan Tujuan

selalu berpikir positif

Membuat tujuan hidup memang sangat perlu untuk dilakukan, seperti membuat perahu untuk mencapai target pantai dan jangan sampai terombang ambing oleh omongan orang lain sehingga tidak sampai pada target.

Nah menentukan tujuan juga sangat perlu untiuk melatif pikiran positif anda, dengan tujuan anda akan bisa untuk menentukan mana yang baik dan mana yang buruk untuk anda lakukan. Karena memberi putusan kepada jalan yang anda pilih akan memmberikan rasa percaya diri yang lebih kepada setiap apa yang anda kerjakan.

Nah itu tadi beberapa cara agar anda bisa untuk berpikir posiftif ya. Jangan lupa untuk selalu bahagia dan selalu jaga kesehatan. Semoga bermanfaat,

 

Tinggalkan komentar