Rangkuman dan Macam – Macam Amalan Hari Jum’at

Amalan Hari Jum’at – Merujuk kepada hadist Nabi Muhammad SAW yang berbunyi ”Sebaik – baik hari pada hari itu terbit matahari maka hari jum’’at, pada hari itu adam di ciptakan dan pada hari itu pula di masukan kedalam surga dan pada hari itu ia dikeluarkan dan tidak akan ada kiamat yang terjadi kecuali hari jumat “

Dari hadis di atas bisa kita simpulkan bahwa hari jum’at merupakan hari yang sangat istimewa untuk umat muslim, dengan banyak keutamaan yang di miliki oleh hari Jum’at.

Terlebih lagi pada hari jum’at kita sebagai umat islam memiliki amalan yang sudah di contohkan oleh Nabi Muhammad SAW. Namun amalan apa saja sih yang bisa di kerjakan pada hari istimewa ini ? penasaran ? berikut adalah rangkumanya.

Membersihkan Diri

amalan hari jum'at

Merujuk kepada hadist dari Salman Al Farizi bahwa Rosulullah bersabda yang berarti : “ Barang siapa yang mandi pada hari Jum’at bersuci dengan kemampuan, mengoleskan parfum, dan setelah itu berangkat kemasjid tanpa melewati 2 orang kemudian taat dan diam dikala Khotib sedang berkhutbah , niscaya di ampuni dosa – dosanya di antara dua Jum’at “

Sesuai dengan hadist di atas bahwa Rosulullah mengajarkan untuk selalu membersihkan diri saat hendak jum’at.

Selain mandi juga banyak amalan yang bisa dlakukan seperti mengoleskan parfum, bersuci, potong kuku dan lain sebagainya sesuai dengan amalan yang telah diajarkan Rosulullah SAW.

Membaca Surat Al Kahfi

amalan hari jum'at

Selain membersihkan diri ada amalan lain yang tidak kalah penting dan bisa dilaksanakan saat hari Jum’at.

Membaca surat Al Kahfi menjadi amalan yang bisa di lakukan. Waktu untuk membaca surat ini tidak harus melulu siang hari atau malam hari, namun bisa di lakukan baik siang atau malam.

Adapun keutamaan dari membaca surat Al Kahfi pada hari Jum’at adalah : Allah SWT akan membuat ketenangan dalam hati sampai pekan depannya.

Kemudian ada keutamaan lain dari membaca surat Al Kahfi hari jumat adalah akan di jauhkan dari fitnah dajjal.

Nah mumpung hari Jum’at yuk baca Al Kahfi.

Perbanyak Dzikir dan Sholawat

amalan hari jum'at

Membaca Dzikir dan Sholawa tentunya tidak hanya bisa dilakukan setiap hari Jum’at saja, namun muslim sangat dianjutkan untuk melakukan amalan ini setiap harinya.

Seperti yang kita ketahui bahwasanya membaca dzikir dan sholawat memang akan bisa meringankan dan bekal kita di akhirat kelak.

Seperti Hadist Nabi Muhammad SAW yang berbunyi : “Maka perbanyaklah sholawat kepadaku pada hari Jum’at ini, sesungguhnya sholawat kalian akan sampai dan ditujukan kepadaku “ ( H.R Abu Daud no 1047 Hadist Shohih )

Dengan demikian amalan ini memang bisa dibilang ringan, namun menjaga istiqomah itulah yang susah, namun tidak ada salahnya untuk selalu mencoba dan berusaha.

Bersedekah

amalan hari jum'at

Nama sedekah mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kita terkhusus umat muslim. Sedekah sendiri adalah memberikan sebagian harta, tenaga atau apapun itu kepada orang lain.

Namun banyak yang tidak menyadari dari keutamaan sedekah ini, salah satu keutamaan dan yang banyak di yakini banyak orang adalah akan di lipatkgandakan rezeki kita, dan itu semua sudah dibuktikan banyak orang.

Amalan ini memang sudah biasa di dengar namun ada hari yang memang mempunyai banyak keutamaan yaitu pada hari Jum’at.

Seperti sabda Rosulullah SAW : “ dan di hari Jum’at pahala bersedekah di lipatgandakan “ ( Imam Al –Syafi’i, al – umm, Juz I, hal. 239 )

Sudah banyak yang sadar tentang keutamaan sedekah dan bahkan sekarang sedang gencar banyak dari komunitas yang menggunakan momentu ini untuk berbagi dengan tajuk Jum’as sedah termasuk juga yang sekarang dilakukan oleh Mahasiswa Mandiri Entrepreneur Center.

Salat Jumat

amalan hari jum'at

Amalan yang tidak boleh ketinggalan adalah sholat hari Jum’at. Untuk kaum laki – laki memang sudah diwajibkan melakukan sholat khusus hari Jumat.

Sudah pasti di ketahui bahwa ketika laki – laki menginggalkan sholat Jum’at maka sudah bisa di bilang orang yang fasik.

Namun perlu diketahui bahwa kita sebagai umat manusia dan terkhusus laki – laki untuk bersegera berangkat kemasjid, dan jangan sampai sudah mau sholat baru datang.

Ada sebuah hadis yang menerangkan “ Jumat adalah kewajiban bagi setiap muslim kecuali 4 orang, hamba sahaya, perempuan anak kecil dan orang sakit “.

Namun juga tidak dilarang untuk perempuan jika ingin ikut sholat jum’at berjamaah.

Perbanyak Do’a

amalan hari jum'at

Doa merupakan amalan yang ampuh, doa kepada Allah sudah semestinya menjadi kebiasaan dan amalan yang selalu dilakukan oleh manusia.

Namun ada hari yang memang di istimewakan untuk melakukan amalan doa ini yaitu hari jumat karena pada hari ini akan mudah dikabulkan oleh Allah SWT.

“ Dari Abu Hurairah R.A, Rosulullah SAW membeicarakan tentang hari jum’at lalu ia bersabda : didalamnya terdapat waktu, jika seorang muslim berdoa ketika itu pasti diberikan apa yang diminta. Lalu beliau mengisyaratkan beliau mengisyaratkan singkatnya hari itu” ( H.R Bukhori No 935 dan Muslim no 852 dari sahabat Abu Hurairah)

Nah demikian tadi beberapa rangkuman apa saja amalan yang bisa dilakukan saat masuk hari Jum’at, tentunya kebahagiaan tersnediri jika kita sebagai umat Nabi Muhammad SAW bisa melaksanakan apa saja anjuran Beliau.

Namun perlu diketahui menjaga keistiqomahan ketika sudah berhasil melaksanakan itu yang perlu di jaga, karena seperti yang sudah kita ketahui istiqomah itu sangat sulit.

Namun tidak ada salahnya jika melakukan amalan – amalan di atas walaupun hanya 1 hari.

Mari perbaiki diri dengan anjuran dari Nabi Muhammad SAW untuk menambah keimanan dan ketaqwaan kita sebagai umat islam.

Tinggalkan komentar